• " FOLLOW ME !!! KLIK TWITt BIRD !!! "
    WELCOME TO MY BLOG
    MUCHAMAD ABDUL KHOLIL

Perangkat Keamanan Jaringan Komputer yang wajib Anda Ketahui..?

Ketika anda menjadi administrator keamanan jaringan, tentunya anda wajib melindungi jaringan tersebut jangan sampai terkena virus, spyware, malware atau sejenisnya. Dan kita bisa menjamin kecepatan internet kita tetap terjaga.

1.Firewall

Merupakan perangkat yang mampu memproteksi jaringan internal/eksternal pelanggan dengan pengaturan jenis protocol, service, dan trafik yang diizinkan. Perusahaan yang memroduksi firewall diantaranya Cisco PIX, Cisco ASA, Juniper, Bluecoat, dll.

2.IDS (Intrusion Detection System)

IDS mencegah unauthorized access terhadap jaringan, system, layanan, aplikasi, dan data. Perangkat ini hanya memberikan izinakses kepada pengguna yang sudah didaftarkan terlebih dahulu. Berapa IDS yang open source diantaranya Snort, OSSEC HIDS, fragroute / fragrouter, BASE, sguil.

3.IPS (Intrusion Prevention System)

IPS mempunyai kemampuan memantau aktivitas jaraingan dan dapat memantau aktivitas pengguna jaringan yang tidak diinginkan dan dapat mengambil tindakan terhadap aktivitas yang mencurigakan tersebut. Contoh merk IPS adalah Nokia, Cisco

4.Managed Authentication
Perangkat yang mampu memonitor otentikasi yang memastikan identitas pemakai diperbolehkan untuk mengakses system atau aplikasi yang akan digunakan. Contohnya adalah

TACACS+, software untuk dapat masuk ke perangkat jaringan.

5.Managed Antivirus Protection

Diperlukan antivirus untuk memproteksi data, e-mail dan pemindahan data dari serangan virus, spyware, malware atau sejenisnya. Update log virus harian untuk mengantisipasi virus baru. Jasa ini mendeteksi dan mencegah adanya ketidaknormalan komputer server dan computer pengguna. Beberapa produsen antivirus yang terkenal di antaranya Symantec, Kaspersky, McAfee.

6.Content filtering

Filtering ini dipakai untuk mengisolasi dan memblok content yang tidak sesuai dengan kebijakan keamanan jaringan. Beberapa metode filteringnya antara lain : attachment, Bayesian, char-set, content-encoding, heuristic, HTML anomalies, mail header, mailing list, phrases, proximity, regular expression, URL.

7.Virtual Private Network (VPN)

Virtual Private Network merupakan jaringan privat virtual yang memungkinkan para pengguna terkoneksi ke jarigan privat perusahaan secara aman.

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

oke min alat pemisah lcd

Posting Komentar