• " FOLLOW ME !!! KLIK TWITt BIRD !!! "
    WELCOME TO MY BLOG
    MUCHAMAD ABDUL KHOLIL

perbedaan wired dengan wireless

Wireless internet adalah internet yang menggunakan frekuensiradio dan bekerja pada kecepatan tinggi yaitu 11-54 Mbps, jauh lebih cepat daripada layanan internet melalui telefon yang dikelola PT TELKOM dengan kecepatan maksimum 56 Kbps.Pemakaian wireless internet memungkinkan akses internet selama 24 jam dengan biaya sangat murah karena wireless internet tidak akan dikenakan pulsa Telkom, sehingga pemakai hanya dikenakan biaya pembayaran kepada Internet Service Provider/ISP-nya saja.Sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat agar masyarakat secara mandiri dapat lebih maju dalam berbagai hal, tentunya terobosan baru seperti wireless internet ini perlu mendapat perhatian dan dukungan khususnya dari kalangan perguruan tinggi dan pusat-pusat informasi (perpustakaan dll) sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati informasi secara lebih ekonomis. Bahkan apabila masyarakat sudah benar-benar memahami manfaat wireless internet, dapat dibentuk dan dikembangkan jaringan-jaringan di tingkat RT atau RW sehingga biaya pemakaian internet dapat ditekan menjadi sekitar Rp 150 s/d Rp 300 ribu per rumah setiap bulan untuk akses internet 24 jam.


 Wired network mempunyai keterbatasan dalam jangkauan dan harganya juga relatif mahal. Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya dalam satu gedung. Bila antara sumber data dan penerima memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, kabel memang dapat digunakan sebagai media transmisi. Kabel yang sering digunakan adalah jenis Twisted Pair, Coaxial, maupun Serat Optik (Fibre Optic). Jaringan dengan kabel ini selain memiliki jangkauan yang terbatas juga kurang efisien karena banyak memakan tempat untuk jalur kabel.


PERALATAN YANG DIPAKAI UNTUK JARINGAN WIRED :

KABEL UTP

KONEKTOR RJ45
TANG NETWORK (CRIPING)
SWITCH (jika lebih dari dua komputer)
MODEM


PENGERTIAN

KABEL UTP

Kabel UTP sebetulnya ada beberapa kategori yaitu dari kategori 1 – 7 yang sering digunakan untuk LAN biasanya kategori 5 atau sering disebut cat-5. Berikut ini kegunaan dari kabel kategori 1 – 7 diambil dari wikipedia.
* cat 1: sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN.
* cat 2: dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps
* cat 3: dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps
* cat 4: Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network.
* cat 5: Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengan kecepatan 100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network.
* cat 5e: Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network.
* cat 6: Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e
* cat 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps
* cat 7: di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz.
Berikut ini contoh gambar kabel UTP yang sudah dipasang konektor, kabel cat-5e dalam keadaan terkupas dan kabel cat-6.
KONECTOR RJ 45
Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya। Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya 
TANG NETWORK (CRIPING)
Tang Crimping ini memiliki 3 lubang yang dapat digunakan untuk mengcrimping jack RJ-45, RJ-11 da RJ-12 (untuk jack jaringan LAN, jack line telepon dan jack gagang telepon).
SWITCH

Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.
MODEM

Modulation demodulation. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-updengan menggunakan line telepon dalam mengakses datamelalui jaringan atau internet.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK JARINGAN WIRELESS
1. WIRELESS NETWORK ADAPTER
2. USB WIRELESS NETWORK ADAPTER
3. PCMCIA WIRELESS NETWORK ADAPTER
4. PCI WIRELESS NETWORK ADAPTER
5. ACCES POINT

PENGERTIAN :
WIRELESS NETWORK ADAPTER
WIRELLES ADALAH Sebuah Media Transmisi / alat Perantara Antara 1 comp. dgn Comp yang lain tanpa menggunakan KABEL.
USB WIRELESS NETWORK ADAPTER
Wireless USB adalah jangka pendek, bandwidth tinggi radio komunikasi nirkabel protokol dibuat oleh promotor USB Wireless Group.
PCMCIA WIRELESS NETWORK ADAPTER
PCMCIA ( Personal Computer Memory Card International Association) atau dalam bahasa indonesia yang artinya Asosiasi Internasional Kartu Memori PC.
PCI WIRELESS NETWORK ADAPTER
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras.
ACCES POINT
ACSESS POINT adalah menyediakan akses jaringan wifi, baik itu sebagai AP, AP-Client, Repeater, dkk..

Category:

0 komentar:

Posting Komentar